Senin, 11 Agustus 2008

HSU Bakal Bangun Bengkel Seni

Amuntai, BARITO
Satu lagi upaya pemkab HSU dalam memajukan bidang seni dan budaya didaerahnya yaitu dengan membangun workshop (bengkel seni) yang diperuntukan bagi para seniman yang ada di kota Bertakwa.
Bengkel seni ini nantinya bukan hanya menjadi wadah memajang atau memamerkan hasil karya lukisan saja tetapi juga sebagai tempat pertemuan para seniman untuk berdiskusi maupun mengadakan seminar.
Meski bengkel ini difasiltasi pemerintah namun keberadaannya tetap harus mendapat dukungan bukan hanya dari pemerintah tetapi juga dari pihak swasta dan instansi lainnya sehingga kegiatan berkesenian bisa lebih meningkat lagi, ujar Bupati HSU, HM.Aunul Hadi saat membuka Pameran Lukisan Kolaborasi Perupa Yogyakarta,Banjarmasin dan Hulu Sungai Utara, serta Pestival Mewarna dan Melukis Kaligrafi, Senin (11/8).
Pameran ini merupakan suatu jawaban atas kedahagaan masyarakat akan sebuah karya seni lukis, huntu itu dia minta kepada para perupa yang ada didaerah ini untuk terus meningkatkan dan mengembangkan bakat yang dimiliki sehingga muncul pelukis-pelukis handal yang bisa berprestasi hingga ketingkat nasional.
“Bengkel seni ini harus dapat terwujud pada masa pemerintahan saya,”ujarnya Lukisan Mutiara
Meski batal dibuka wakil gubenur yang juga Ketua DKD Kalsel, pameran dari kolaborasi pelukis tiga kota ini cukup semarak, karena juga dimeriahkan dengan penampilan drumband dari SDN Murung Sari 1 Amuntai, tari Radap Rahayu serta tari Itik sebagai sajian sepesial kepada para tamu undangan dan masyarakat pecinta seni yang menghadiri pameran tersebut.
Dalam lelang lukisan yang hasilnya 60 persen untuk disumbangkan bagi peningkatan seni budaya daerah dan 40 persen bagi pelukisnya, lukisan “Mutiara Berzikir” karya Ridha NHB laku terjual sebesar Rp.3 juta rupiah yang dibeli oleh Bupati HSU HM Aunul Hadi.
Sementara itu lukisan bupati dan isteri yang dilukis oleh Sulistyono dihargai bupati Rp4 juta. Selain pameran dan pestrival mewarnai serta melukis kaligrafi yang aka berlangsung 11 s/d 15 Agustus nanti juga diisi dengan dialog seni rupa. mwe

Tidak ada komentar: